Tegal, TrisaktiPost - Dalam upaya peningkatan pembangunan SDM di tahun 2019 Kemnaker dan Pemkab Tegal menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai Pengembangan Ekosistem Industri dan SDM di Tegal pada hari Jumat (20/7).
Audiensi ini diterima langsung oleh Bupati Tegal yakni Umi Azizah di Rumah Dinasnya. Umi menyambut baik kedatangan rombongan Kemnaker yang akan menjadi pilot project Pengembangan Ekosistem Industri dan SDM diTegal.
“Ini akan membawa dampak positif di Kabupaten Tegal, salah satunya adalah menurunkan angka pengangguran.” tutur Umi.
Dalam kesempatan yang sama Staf Khusus Menaker, Maria Magdalena, menjelaskan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo , pembangunan SDM menjadi fokus utama di tahun 2019. Melalui program kerja sama Kemnaker dengan Toyota, pemerintah akan mengembangkan industri otomotif di Tegal.
Saat ini terdapat 7000 lulusan SMK di Tegal yang tidak terserap kerja di tahun 2018. Proyek ini ditargetkan dapat membangun kurang lebih 50 IKM logam dengan 50 tenaga operator dan 10 engineer per IKM. Artinya, sedikitnya 3000 ribu tenaga kerja akan terserap oleh proyek ini.
Hanya saja, untuk menjadi pekerja di Toyota, calon pekerja harus dilatih terlebih dahulu di BLK. Pemerintah pun akan mengoptimalkan BLK yang sudah ada, baik pusat maupun daerah, untuk meningkatkan kompetensi SDM di Tegal agar sesuai dengan kebutuhan industri.
Share To:

TrisaktiPost

Post A Comment:

0 comments so far,add yours