Jakarta, TrisaktiPost.com - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla memberikan kuliah umum kepada 6.190 perwakilan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada acara Presidential Lecturer II dengan tema “Bersinergi untuk Melayani” di Istora Senayan, Jakarta, pada Rabu,(24/07).

Presidential Lecturer merupakan inisiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk membuka wawasan dan perspektif CPNS dalam memahami tantangan tugas di era industri 4.0.

“Kemajuan ekonomi hanya dapat ditingkatkan apabila kita mempunyai tingkat produktivitas yang lebih baik. Pertanian dapat lebih baik, industri dapat lebih baik, pelayanan pun dapat lebih baik. Maka, yang lebih baik sekarang ini hanya dapat dicapai dengan teknologi yang baik. Teknologi yang baik hanya dapat dicapai dengan pendidikan yang baik. Semuanya bertumpu kepada cara kita meningkatkan diri dan pengetahuan secara bersama-sama,” ujar Wapres Jusuf Kalla.

Tema yang diusung pada Presidential Lecturer tahun ini sejalan dengan salah satu sasaran dalam pelaksanaan reformasi birokrasi untuk meningkatkan pelayanan publik. Oleh karena itu, Wapres Jusuf Kalla berharap bahwa dengan bersinergi seluruh ASN dapat mewujudkan pelayanan publik yang cepat, transparan, efektif, dan efisien.

“Prinsip anda pada hari ini, dan selalu menjadi pegangan anda adalah melayani. Apa tugas anda? Melayani tentu berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Tergantung apa tugas anda. Seorang guru, melayani artinya mengajar dan mendidik dengan ikhlas dengan kemampuan yang baik. Sebagai pegawai Kementerian Kesehatan, melayani artinya mendorong kesehatan masyarakat lebih baik. Bagi pegawai negeri yang bertugas di kantor-kantor, melayani artinya mempercepat administrasi dan mempercepat proses birokrasi,“ ungkap Wapres.

Ditambah lagi, saat ini di era kebebasan pers dan keterbukaan informasi, media dan orang lain akan lebih leluasa dalam mengkritik perbuatan yang keliru. Wapres Jusuf Kalla mengimbau para CPNS untuk menjaga integritas dalam bertugas dan berperilaku sehari-hari.

Pada kesempatan ini, Wapres Jusuf Kalla juga berpesan pada para CPNS bahwa selain melayani, tugas Aparatur Sipil Negara adalah memotivasi masyarakat untuk bekerja sebaik-baiknya. Hal ini dikarenakan perekonomian negara sangat dipengaruhi oleh keberhasilan sektor swasta dalam mengelola bisnisnya. Harapannya, sinergi dunia usaha dengan pemerintah harus menjadi lebih baik.

“Selamat bertugas, selamat mengabdi pada bangsa, selamat memajukan negeri ini dan selamat telah terpilih menjadi bagian kecil dari orang-orang yang ingin seperti anda,” ujar Wapres mengakhiri kuliah umum. (Kemenkeu)
Share To:

TrisaktiPost

Post A Comment:

0 comments so far,add yours