Bandung, TrisaktiPost - Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.

Sekolah inklusi merupakan sekolah menggabungkan layanan pendidikan khusus dan regular dalam satu sistem persekolahan, dimana siswa berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan khusus sesuai dengan potensinya masing-masing dan siswa regular mendapatkan layanan khusus untuk mengembangkan potensi mereka.

Salah satu Sekolah Dasar Swasta yang menerapkan  basis inklusi ialah SD SAHARA "Sahabat anak rakyat" yang berdomisili di Komplek Taman Rahayu Blok C1 No. 19 Kecamatan Margaasih Kopo Kabupaten Bandung memiliki misi dan visinya memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas dengan tarif yang terjangkau bagi tingkat pendapatannya kurang mampu. SD Sahara ini pun telah memiliki izin resmi dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Bandung.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Sekolah SD Sahara Ibu Esther Magdalena S.Pd, SE, MPd ketika di temui "Adanya sekolah inklusi SD Sahara merupakan cara untuk menghilangkan batas yang selama ini muncul ditengah masyarakat, tidak hanya bagi anak normal dengan anak berkebutuhan khusus akan tetapi juga bagi kalangan kurang mampu. Makanya kami mengadakan program subsidi silang sehingga semua lapisan masyarakat dapat terlayani dengan baik dan para pengajar pun dapat memberikan pelayanan secara maksimal, ungkap Ester

Pendidikkan inklusi memang sedang bergerak maju meskipun masih ada kendala dalam implementasinya. Dari fasilitas yang terbatas, misalnya fasilitas program khusus, seperti ruang terapi, alat terapi, maupun sumber daya manusia yang kapabel.

Ester pun menambahkan, "Peran serta pemerintah pusat maupun daerah haruslah mendukung penerapan Sekolah Inklusi. Sarana dan prasarana serta dukungan manajemen harus segera dipersiapkan meski belum diimplementasikan secara menyeluruh,” tambah ester.
Share To:

Trisakti TV

Post A Comment:

0 comments so far,add yours