Bandung Barat, TrisaktiPost - Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 telah mengatakan bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” (Pasal 3 UU RI No 20/ 2003).

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu jenjang pendidikan menengah dengan kekhususan mempersiapkan lulusannya untuk siap bekerja.  Dengan pengertian siap bekerja bahwa setiap bidang studi adalah pendidikan kejuruan sepanjang bidang studi tersebut dipelajari lebih mendalam dan kedalaman tersebut dimaksudkan sebagai bekal memasuki dunia kerja.

Pada dasarnya, pendidikan merupakan kunci pembangunan suatu bangsa. Masalah yang terus dihadapi oleh masyarakat ialah mutu pendidikan yang rendah di tiap level dan unit pendidikan, termasuk SMK. Tak jauh beda dengan segi pembinaan yang harus terus digenjot supaya meningkat demi mempersiapkan di masyarakat.

Pembinaan SMK di Kabupaten Bandung Barat harus terus dipacu dalam meningkatan mutu dan kompetensi  SMK. Sejumlah langkah nyata harus terus dilakukan agar lulusan sekolah tersebut mampu dan berkiprah di dunia kerja dan turut serta dalam pembangunan pemerintahan.

Kepala Sekolah SMK Bani Abdul Malik, Asep Saprudin, SPdi, ketika disambangi memaparkan “Program peningkatan mutu dan kompetensi SMK aksesnya harus dilakukan dengan menggunakan revitalisasi, harmonisasi program keahlian di SMK dan pemerintah harus memfasiltasi SMK dengan memberikan dukungan sarana dan prasarana serta memberikan prioritas khusus pada program keahlian dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarkat." Papar Asep.

Asep juga menambahkan “Upaya peningkatan mutu SMK baik secara kualitas dan kuantitas harus terus dirasakan untuk meningkatan kompetensi peserta didik SMK, sehingga masyarakat bisa dilayani pendidikan SMK yang tidak jauh dari lokasi atau wilayah mereka tinggal." tambahnya.

Dengan memacu pengembangan SMK maka para peserta didik di Kabupaten Bandung Barat dapat belajar di sekolah-sekolah yang memiliki layanan berkualitas dan membuat peserta didik terampil serta siap terjun di masyarakat untuk bisa berkontribusi mengisi pembangunan di Bandung Barat. (C86)
Share To:

Trisakti TV

Post A Comment:

0 comments so far,add yours