Bandung Barat, Trisaktipost - Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan guru untuk memiliki kualifikasi akademik minimum S1/D4, memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional dan memiliki sertifikat pendidik. 

Kegiatan kerja kelompok berkontribusi dalam peningkatan kompetensi peserta kelompok kerja untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Diharapkan dengan terstrukturnya kegiatan di kelompok kerja dapat meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan.

Kepala sekolah yang menjadi bagian dari wadah kelompok tidak lagi menjalankan kebijakan-kebijakan yang bersifat sentralistik tetapi bergeser kearah desentralistik serta managemen partisivatif. Kepala sekolah tidak lagi bekerja secara individual yang cerdas tetapi harus bekerja secara team work yang cerdas. Kepala sekolah dituntut harus pro-aktif dan mampu melakukan perubahan-perubahan di sekolah yang mampu meningkatkan mutu sekolah pada khususnya dan mutu pendidikan pada umumnya.

Ketika ditemui Ketua K3S Kabupaten Bandung Barat Asep Saprudin, S.Pdi mengatakan, tujuan dari KKKS SMK di Kabupaten Bandung Barat diantaranya ialah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, Memberdayakan dan membantu anggota KKKS Kabupaten Bandung Barat dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di SMK Se Kabupaten Bandung Barat, Meningkatkan kompetensi dan kinerja anggota KKKS dalam mengembangkan profesionalitas guru, Meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu pendidikan, meningkatan kualifikasi akademik kepala sekolah, dan persiapan kepala sekolah dalam menghadapi proses sertifikasi. 

Asep juga menambahkan, "Dalam hal ini K3S SMK Kabupaten Bandung Barat mempunyai peranan penting dalam peningkatan kinerja kepala sekolah agar dapat menciptakan para pemimpin yang profesional dalam mengelola kegiatan pendidikan di SMK guna mewujudkan guru yang handal dalam memberikan pengajaran terhadap anak didiknya di kelas", tambah Asep.

Fungsi kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor dalam pengawasan kinerja guru harus terus ditingkatkan kinerja dan mutunya dengan maksimal.
Share To:

Trisakti TV

Post A Comment:

0 comments so far,add yours