Sukabumi, Trisaktipost - Jumlah pemuda di Indonesia memiliki angka yang cukup fantastis yaitu sekitar 43% dari penduduk di Indonesia. Pemuda merupakan kunci dari keberhasilan penerapan ekonomi kreatif di Indonesia. Pemuda memiliki kelebihan yaitu mampu berpikir diluar kebiasaan atau disebut juga out of the box. Dengan adanya kemampuan tersebut, pemuda dapat berpikir secara kreatif dan mampu mengembangkan sesuatu menjadi lebih bernilai. 

Pemuda harus mampu menciptakan sesuatu yang kreatif guna untuk mensejahterakan dirinya dan masyarakat. Generasi muda memang generasi yang produktif dan penuh dengan ide-ide cemerlang. 

Industri kreatif tanah air terus mengedepankan inovasi. Salah satu industri kreatif yang dikembangkan pemuda asal Sukabumi Sukaraja Muhamad Fiuji Ardiansyah (28), juga sebagai Ketua Pimpinan Kecamatan di KNPI kabupaten Sukabumi ini, ialah mengembangkan perusahaan PT. Fitras Media Visual, sebuah wadah marketplace TV kabel yang produk kreatif yang mengedepankan pengalaman visual bagi masyarakat kabupaten Sukabumi.

Ketika ditemui di kantornya, Fiu mengatakan, "Langkah dilakukan pemuda guna mengembangkan ekonomi kreatif  ialah, pemuda harus mampu berpikir kreatif dalam hal berbisnis, pemuda yang telah memiliki suatu ide harus berani untuk merealisasikan ide kreatifnya tersebut kedalam suatu bisnis, pemuda harus memiliki sifat yang kuat dan tangguh, serta pemuda tidak harus memiliki pengalaman, yang terpenting adalah memiliki ilmu," ucapnya.

Fiu juga menambahkan, “Pemuda Kabupaten Sukabumi harus bisa mendapat tempat dan diberi kesempatan untuk berkibar di industri kreatif. Dari sini pemuda akan pelan-pelan mengembangkan pasar industri kretif,” tambahnya.

Tantangan terbesar yang hingga kini masih hadapi adalah kurangnya pengetahuan akan industri dan jaringan yang dibutuhkan untuk menciptakan sebuah platform kreatif yang sukses dengan skala yang kita inginkan. 

Semakin banyak generasi muda yang tertarik dalam industri kreatif dan mampu sebagai penggerak perubahan ke arah bisnis dan kemandirian semakin baik. Untuk menciptakan generasi muda seperti itu, dibutuhkan dukungan dari pemilik modal dan perbankan, selain itu juga diperlukan pelatihan untuk mengembangkan usaha dengan baik. Pemuda harus berperan dalam pembangunan ekonomi kreatif. (C86)
Share To:

Trisakti TV

Post A Comment:

0 comments so far,add yours