Mataram, TrisaktiPost - Pemerintah Kota Mataram kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2015.

         Hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2015 itu diserahkan oleh Plt Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan NTB Wahyu Priyono kepada Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Selasa (31/5) petang.

         Seusai menerima penghargaan, Wakil Wali Kota mengatakan predikat WTP ini merupakan kedua kalinya yang diterima Pemkot Mataram, karena hasil LKPD tahun 2014 juga mendapat predikat WTP.

         "Keberhasilan ini merupakan suatu kewajiban Pemkot Mataram untuk bisa lebih maksimal mengelola keuangan secara baik dan berkualitas," katanya lagi.

         Dia menyatakan, seperti di kabupaten/kota lain, opini WTP untuk Kota Mataram juga masih disertai dengan beberapa catatan yang merupakan rekomendasi BPK untuk segera dilakukan pembenahan.

         Karena itu, Mohan berharap agar opini WTP yang diberikan BPK tidak perlu ditanggapi dengan eforia.

         Sedangkan mengenai rekomendasi yang diberikan BPK untuk dibenahi, menurutnya, akan segera ditindaklanjuti dengan melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

         "Apa pun itu, tinggal dilanjutkan untuk dipenuhi sebagai sebuah kewajiban," ujarnya pula.

         Plt Kepala BPK Perwakilan NTB Wahyu Priyono mengatakan, untuk semua kabupaten/kota pihaknya telah menuangkan rekomendasi-rekomendasi dalam laporan hasil pemeriksaan sesuai dengan hasil yang diperoleh dalam audit BPK.    
    "Kami memberikan waktu maksimal 60 hari bagi kabupaten dan kota untuk menindaklanjuti rekomendasi yang kami berikan," katanya lagi.

         Menurut Wahyu, kabupaten/kota di NTB termasuk sangat proaktif menanggapi rekomendasi tersebut, menunjukkan adanya semangat luar biasa untuk menyelesaikan permasalahan di daerahnya.

         "Untuk tahun 2016 ini, dana bantuan operasional sekolah juga masuk dalam item yang harus diaudit oleh BPK, karena itu harus dipersiapkan juga," katanya menambahkan.

         Prestasi opini WTP diterima oleh Kota Mataram bersama tujuh kabupaten/kota lain di NTB di Gedung BPK Perwakilan NTB disaksikan oleh Wakil Gubernur NTB M Amin. (Ant)
Share To:

Trisakti TV

Post A Comment:

0 comments so far,add yours