Mataram, TrisaktiPost - Anggota Komisi II DPRD Nusa Tenggara Barat Guntur Halba meminta pihak eksekutif/pemerintah provinsi NTB lebih intensif melakukan operasi pasar guna menekan harga kebutuhan pokok agar selama Ramadhan 1437 Hijriah hingga Idul Fitri nanti tidak terus naik.

         "Tugas pemerintah itu turun ke lapangan, memastikan kondisi harga di pasaran tidak mengalami kenaikan. Kalau terjadi kenaikan segera ambil tindakan, salah satunya operasi pasar," kata Guntur Halba di Mataram, Minggu (12/6).

         Guntur mengakui, meski operasi pasar bukan satu-satunya solusi untuk menekan harga kebutuhan pokok. Namun, paling tidak dengan operasi pasar cukup membantu masyarakat meringankan membeli kebutuhan pokok selama ramadan.

         "Memang efektivitas operasi pasar ini masih sebatas pada di lokasi ada penurunan harga, tetapi di tempat lain belum tentu. Karenanya, perlu ada skema lain untuk mendorong harga kebutuhan pokok tidak terlampau naik," katanya.

         Menurut dia, salah satu solusinya pemerintah harus bisa menekan distributor untuk tidak hanya bisa di ajak bekerjama dalam operasi pasar, melainkan bagaimana meminta distributor untuk tidak menaikkan harga.

         "Tidak ada pengusaha yang tidak ingin rugi pasti ingin mengambil untung. Tetapi paling tidak pemerintah harus bisa menekan distributor dengan memberikan kemudahan atau insentif bagi distributor," jelasnya.

         Namun demikian, terpenting saat ini yang harus dilakukan pemerintah provinsi harus bisa memiliki upaya antisipasi yang jelas terhadap pengendalian harga kebutuhan pokok selama ramadan.

         "Kita berharap ada upya sungguh dari pemerintah untuk bisa mengendalikan harga selama ramadan," tandas Guntur. (Ant)
Share To:

Trisakti TV

Post A Comment:

0 comments so far,add yours