Jakarta, TrisaktiPost – Setelah melalui rapat pembahasan BPIH Komisi VIII DPR RI dan Panja BPIH Kementerian Agama RI yang berlangsung cukup alot, akhirnya Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 2015 ditetapkan. Kementerian Agama bersama Komisi VIII DPR RI menyepakati direct cost Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2015 sebesar USD 2.717 atau rata-rata sebesar Rp. 33.962.500,-. Artinya, turun sebesar USD 502 dibanding BPIH Tahun 2014 lalu.

BPIH sebesar USD 2.717 itu yang merupakan biaya langsung ke jamaah (Direct Cost) itu diperuntukan untuk tiket, airport tax, dan passenger service.

Turunnya BPIH disambut positif oleh anggota Panja Haji Komisi VIII, KH. Maman Imanulhaq, yang menilai bahwa BPIH USD 2.717 adalah angka yang paling rasional setelah dilakukan kajian mendalam dengan tetap mempertimbangkan mutu layanan haji.

Dari awal, kata dia, DPR melihat ada peluang beberapa komponen baik direct cost maupun indirect cost yang bisa direvisi untuk mengalami penurunan.

“kita bersyukur akhirnya BPIH tahun ini turun, kita terus mendorong prinsip efisiensi untuk menekan biaya haji serasional mungkin, namun tentu dengan syarat mutu layanan tidak boleh diabaikan”, ungkap Politisi PKB itu (23/4/15).

Secara bertahap ke depan, kata Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mizan Jatiwangi itu, DPR akan terus mendorong pemerintah agar memperbaiki sistem dan manajemen penyelenggaraan ibadah haji. Yang tidak kalah penting juga adalah pembinaan terhadap calon jamaah haji yang dilakukan secara maksimal.

“Jamaah haji kita adalah wajah Islam kita, lewat mereka kita tunjukkan ke dunia luar Islam kita-Islam Indonesia, yakni Islam yang toleran, ramah, moderat dan damai”, ujarnya.

Terkait dengan upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan haji, sesuai rekomendasi Panja BPIH Komisi VIII kepada Kementerian Agama RI, KH. Maman Imanulhaq, menyebutkan perlunya 3 (tiga) hal yang mesti diperbaiki, yakni: diplomasi dengan Pemerintah Arab Saudi, sistem teknologi informasi haji serta kelengkapan data penyelenggaraan haji. (R1)
Share To:

Trisakti TV

Post A Comment:

0 comments so far,add yours