Jakarta, Trisakti Post – Idealnya Dewan Perwakilan Rakyat mampu menjaga independensi dan netralitas saat menjalanklan fungsinya. Demikan disampaikan anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Gerindra, Martin Hutabarat, di Jakarta (27/11/14).

"DPR bekerja sama dengan presiden untuk membuat UU. Tetapi, DPR harus menjaga independensi dan netralitas dalam pembuatan UU tersebut. Begitu juga dalam menjalankan fungsi penganggaran dan pengawasan,"ujar Martin Hutabarat saat menjadi pembicara dalam diskusi “Mencari Peran DPR yang Ideal dalam Sistem Pemerintahan Presidensial” yang diselenggarakan Gerakan Integritas Nasional (GIN).

Martin mengakui adanya kritikan dari masyarakat terkait kinerja DPR dalam menjalankan fungsi legislasinya. DPR, ucap Martin, kerap membuat undang-undang yang sebenarnya tidak perlu, tetapi dipaksakan jadi UU.
"Selain itu, masyarakat juga menilai DPR sekarang lebih banyak membuat UU berdasarkan pesanan atau titipan, misalnya dari pengusaha atau pemangku kepentingan yang terkait dengan UU tersebut,"tambahnya.

Begitu pula dalam fungsi pengawasannya, DPR hanya mengkritik pemerintah tanpa mau tahu jawaban dan solusi dari eksekutif. “Setelah mengkritik, yah selesai. Tidak ada follow up bagaimana pemerintah memperbaiki apa yang dikritik DPR, “ paparnya. (AA)
Share To:

Trisakti TV

Post A Comment:

0 comments so far,add yours